Kapolres Metro Tangerang Kota Siagakan 645 Polisi Untuk Kawal Pilkades Serentak

0
11

Kapolres Metro Tangerang Kota Siagakan 645 Polisi Untuk Kawal Pilkades Serentak

Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya menyiagakan 645 personel guna mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang, berlangsung pada hari ini, Minggu (24/9/2023).

“Kita menerjunkan 645 personel gabungan pada pelaksanaan Pilkades di 4 (empat) Desa, yang masuk dalam wilayah hukum polres metro Tangerang Kota,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dalam keterangannya.

Zain merinci, wilayah yang melaksanakan Pilkades yakni, di wilayah hukum Polsek Pakuhaji terdapat 1 Desa yakni Desa Kramat. Kemudian di wilayah hukum Polsek Teluknaga ada 3 Desa terdiri dari Desa Tanjung Burung, Desa Cengklong dan Desa Babakan Asem.

“Personel kita tempatkan di titik-titik tertentu, termasuk personil berpakaian preman, apabila suatu waktu-waktu dibutuhkan, kita bergerak cepat melakukan pengamanan,” ujarnya.

Zain menerangkan, 645 Personel merupakan personel gabungan TNI-Polri, Tim Presisi, Sat Brimob, Sat Samapta Polda Metro Jaya, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Tangerang.

Ratusan personel gabungan tersebut ditempatkan di 3 Desa Wilayah Hukum Polsek Teluknaga. Lalu, untuk di 1 Desa yakni di Desa Kramat, Kecamatan Paku Haji, dikerahkan 293 personel Gabungan, Wilayah Hukum Polsek Pakuhaji, Polres Metro Tangerang Kota.

“Meskipun hanya 4 desa saja yang melaksanakan Pilkades di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota Kota, tetapi kami tetap ingin pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa di Kabupaten Tangerang ini tetap berjalan Kondusif, aman dan lancar,” ungkapnya.

Maka dari itu, selain menugaskan personel untuk berjaga di sekitar lokasi pemungutan suara (TPS), Kapolres juga sudah menginstruksikan kepada seluruh personel untuk melakukan patroli secara random dan mobile, termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan penyebaran berita-berita hoax.

“Jika terdapat pelanggaran kita tetap menunggu koordinasi dari Panwas (Panitia Pengawas) Pilkades. Kita dari pihak kepolisian tidak pandang bulu siapapun akan kita tindak tegas jika melakukan provokasi dan menyebarkan berita hoax yang dapat menumbuhkan gesekan, kita tindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Dia.

Terkait pola pengamanan Zain menuturkan, persiapan pengamanan Pilkades sudah dilakukan pihaknya sejak jauh-jauh hari. Ia mengaku sudah beberapa kali mendatangi desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades. Melakukan Koordinasi dengan mengumpulkan seluruh unsur yang terlibat agar sama-sama dapat menjaga kondusifitas wilayah masing-masing.

“Kami imbau untuk masyarakat agar tidak mudah dan terpengaruh pada aksi  provokasi pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjurus pada tindakan kriminal. Dan kita dari kepolisian akan mengawal kegiatan Pilkades ini baik sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan maupun sesudah Pilkades nanti,” pungkasnya.

 

from Blogger Polri https://ift.tt/AWzLpjJ
via IFTTT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here